Perubahan Iklim Jadi Topik Utama Kuliah Umum Di Fakultas Pertanian Unsyiah

BANDA ACEH-Guru besar ilmu limnologi berikan kuliah umum di ruang meeting Doktor gedung D Fakultas Pertanian Unsyiah,dalam kuliah umum ini mengakat issu perubahan iklim dan pengelolaan sumberdaya air, menghadirkan narasumber utama Prof. Tri Retnaningsih Soeprobowati, M.App Guru Besar Ilmu Limnologi dan Pengelolaan Sumberdaya Air Universitas Diponegoro (UNDIP). Bertindak sebagai moderator dalam kegiatan ini ialah Dr. Monalisa Dosen Ilmu Pengembangan Masyarakat Program Studi Agribisnis yang juga perwakilan dan Forum Danau Nusantara (FORMADAN), turut hadir juga Dr. Hartuti Purnaweni Ketua Prodi Pascasarjana Ilmu Lingkungan UNDIP,selain para akdemisi turut hadir juga beberapa pegiat lingkungan seperti TM Zulfikar dan DR Syahrul,Tri Retna” memberikan kuliah umum dihadapan mahasiswa S1 dan S2 juga dihadiri oleh dosen pertanian.

Pengelolaan danau di Indonesia selama ini masih belum maksimal. Berbagai faktor menjadi sebab menurunnya degradasi kualitas danau, salah satunya ialah perubahan iklim. Perubahan iklim yang terjadi dalam sebuah kawasan juga dapat dideteksi melalui kajian Paleolimnologi. Kajian paleolimnologi ialah mengukur kondisi danau dengan proses reka ulang berdasarkan temuan dari data sampel yang ada. Antara lain dengan paleosalinitas dapat dilihat proses perubahan iklim yang terjadi pada sebuah kawasan danau di masa silam.

Hal tersebut disampaikan oleh narasumber utama, pencemaran dan penurunan kualitas air danau juga terjadi salah satunya akibat adanya aktifitas pertanian dan peternakan dalam skala besar. Sementara itu Dr. Purwana Satriyo Pakar Daerah Aliran Sungai (DAS) Fakultas Pertanian UNSYIAH menjelaskan fakta yang terjadi pada Danau Aneuk Laot Sabang yang mana kian hari debit airnya terus menurun dan terlihat terjadinya penebalan sedimen.

Berdasarkan hasil kajian ditemukan beberapa hal terkait dengan aktivitas pertanian ialah penggunaan pupuk Phospor (kapur) sehingga keasaman air danau meningkat. Oleh karenanya Beliau menghimbau agar akademisi Pertanian dapat juga terlibat dalam kegiatan penyelamatan danau di Indonesia dalam bentuk riset dan juga aktifitas penyuluhan untuk petani dan masyarakat di sekitar kawasan danau. ( Monalisa)

Sumber : https://atjehwatch.com/2020/02/12/perubahan-iklim-jadi-topik-utama-kuliah-umum-di-fakultas-pertanian-unsyiah/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *