Kementan Buka 518 Formasi untuk CPNS 2019, Ini Persyaratannya

KOMPAS.com – Kementerian Pertanian ( Kementan) resmi merilis pengumuman penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019.

Informasi terkait CPNS tersebut diketahui berdasarkan pengumuman Nomor: 4456/KP.110/A/09/2019 tentang Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Pertanian Republik Indonesia Tahun Anggaran 2019.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan Kuntoro Boga Andri membenarkan informasi adanya CPNS di lingkungan Kementerian Pertanian tersebut.

“Kami infokan bahwa pengumuman penerimaan CPNS Kementan 2019 telah tayang. Mohon dapat disebarluaskan,” kata Kuntoro kepada Kompas.com, Minggu (10/11/2019).

Diketahui, Kementerian Pertanian mengalokasikan 362 kursi untuk 37 jabatan fungsional dan 156 kursi untuk 50 jabatan pelaksana.

Pelamar yang berminat untuk bergabung di lingkungan Kementan hanya diperbolehkan memilih satu jabatan, jenis formasi, dan unit penempatan.

Berikut syarat yang harus Anda siapkan

Diploma dan Sarjana

  • Surat lamaran secara tertulis ditujukan Kepada Menteri Pertanian RI, diketik/ditulis tangan ditandatangani di atas kertas bermaterai Rp 6.000.
  • Surat-surat pernyataan diketik/ditulis tangan ditandatangani di atas kertas bermaterai Rp 6.000 (dapat diunduh pada laman http://cpns.pertanian.go.id) dan dijadikan dalam satu file yang kemudian diunggah pada portal sscasn.bkn.go.id.
  • Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) asli atau surat keterangan telah melakukan perekaman kependudukan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil)/kecamatan bagi yang belum memiliki e-KTP.
  • Dokumen kelulusan pendidikan digabungkan dalam satu file dengan format pdf meliputi: a) Ijazah dan Transkip Nilai Asli atau fotokopi Ijazah dan Transkip Nilai Asli yang dilegalisir cap basah dan ditandatangani oleh pejabat yang berwenang (bukan legalisir yang difotokopi/scan yang dicetak). Untuk kualifikasi pendidikan Pascasarjan/S-2 dengan IPK minimal 3,00 (tiga koma nol-nol), untuk kualifikasi pendidikan Sarjana/S-1 atau Diploma IV/D-IV dengan IPK minimal 2,75 (dua koma tujuh lima), untuk kualifikasi pendidikan Diploma III/D-III dengan IPK minimal 2,75 (dua koma tujuh lima); b) Surat keputusan penyetaraan ijazah dan penyetaraan nilai (asli/fotokopi yang dilegalisir cap basah) dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang pendidikan tinggi bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri; c) Cetakan tangkapan layar (screen capture) Direktori Hasil Akreditiasi Program Studi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).
  • Surat Keterangan Dokter (asli) yang menerangkan jenis dan derajat disabilitasnya dari Rumah Sakit Pemerintah (dengan fornat yang dapat diakses di laman http://cpns.pertanian.go.id yang menyatakan bahwa pelamar menyandang disabilitas fisik) khusus bagi pelamar disabilitas.
  • Surat keterangan asli dari Kepala Suku/Kepala Desa/Lurah yang menerangkan bahwa pelamar asli dari Papua berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak dan/atau ibu) asli Papua, khusus bagi pelamar Putra/Putri Papua dan Papua Barat.

Smk

  • Surat lamaran secara tertulis ditujukan Kepada Menteri Pertanian RI, diketik/ditulis tangan ditandatangani di atas kertas bermaterai Rp 6.000.
  • Surat-surat pernyataan diketik/ditulis tangan ditandatangani di atas kertas bermaterai Rp 6000 (dapat diunduh pada laman http://cpns.pertanian.go.id) dan dijadikan dalam satu file yang kemudian diunggah pada portal sscasn.bkn.go.id.
  • Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) asli atau surat keterangan telah melakukan perekaman kependudukan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil)/kecamatan bagi yang belum memiliki e-KTP.
  • Dokumen kelulusan pendidikan digabungkan dalam satu file dengan format pdf meliputi: a) Ijazah dan Daftar Nilai Ijazah (Ujian Nasional) atau fotokopi ijazah dan Daftar Nilai Ijazah(Ujian Nasional) yang dilegalisir cap basah dan ditandatangani oleh pejabat yang berwenang (bukan legalisir yang difotokopi/scan yang dicetak), dengan nilai ijazah/ujian sekolah rata-rata minimal 7,00 (tujuh koma nol-nol); b) Surat Penyetaraan Ijazah dan Transkrp Nilai dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (bagi lulusan Luar Negeri).

Untuk informasi selengkapnya bisa dilihat di laman http://cpns.pertanian.go.id

Sumber : https://www.kompas.com/tren/read/2019/11/10/192500565/kementan-buka-518-formasi-untuk-cpns-2019-ini-persyaratannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *