Harapan Baru untuk Dunia Penyuluhan Pertanian Indonesia

Jakarta | Dunia penyuluhan pertanian selama dekade terakhir tengah mengalami mati suri. Namun berkat gebrakan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, harapan baru tersebut seakan tumbuh. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal, Momon Rusmono, MS pada acara Focus Group Discussion (FGD) Kebijakan Pengelolaan Ketenagaan Penyuluhan Pertanian, Jumat (31/1).

FGD tersebut dimaksudkan untuk melaksanakan amanah Presiden agar Menteri Pertanian membuat Peraturan Presiden yang mengatur penyelenggaraan penyuluhan pertanian di daerah namun pembinaan teknisnya berada di bawah Menteri Pertanian. Perpres tersebut nantinya diharapkan akan menjadi jembatan antara UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dengan penyelenggaraan penyuluhan pertanian.

Selain itu, Kepala Badan Penyuluhan Pertanian, Prof Ir. Dedi Nursyamsi, juga mengungkapkan bahwa FGD ini diharapkan dapat menghimpun masukan dari berbagai narasumber yang hadir untuk penyusunan Perpres penyelenggaraan penyuluhan pertanian. Hadir sebagai narasumber pada acara FGD tersebut diantaranya Sekretaris BPPSDMP, Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian, Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, perwakilan dari Bakornasluh, pakar penyuluh pertanian, petani, peneliti dan penyuluh pertanian milenial.

Prof. Dedi juga menegaskan bahwa salah satu kebijakan Mentan Syahrul yang bersentuhan langsung dengan dunia penyuluhan pertanian adalah Kostratani, dimana dalam pelaksanaannya harus didukung penuh oleh semua pihak, baik di Pusat maupun di daerah. “Dengan adanya Kostratani maka peran penyuluh pertanian semakin besar dimana seluruh program pertanian pelaksananya adalah para pejabat fungsional termasuk penyuluh pertanian,” tuturnya.

Di akhir sambutannya Prof. Dedi berujar bahwa peran penyuluh pertanian harus ditingkatkan lagi kinerjanya, sebab tanpa penyuluh peningkatan produktivitas pertanian tidak akan tercapai dan kekurangan tenaga penyuluh dapat diisi oleh penyuluh pertanian swadaya.

Semoga dengan diadakannya FGD dapat memberikan harapan baru dan angin segar bagi dunia penyuluhan pertanian.

 

Sumber : https://distanbun.acehprov.go.id/index.php/news/read/2020/02/10/1100/harapan-baru-untuk-dunia-penyuluhan-pertanian-indonesia.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *