Hama Burung Pipit Serang Tanaman Petani di Aceh Besar

Rencongpost.com, Aceh— Menjelang masa panen, tanaman padi milik petani di Aceh besar diserang hama burung pipit yang memakan bulir padi. Sehingga para petani disibukkan dengan rutinitas menjaga padi dari hama burung itu, agar tak habis dimakan burung.

Seperti hal di kawasan Kecamatan Indrapuri Aceh Besar  para petani rela menunggu disawah untuk mengusir burung kecil tersebut. Sehingga membuat aktivitas lainnya terhambat.

Hama Burung Pipit Serang Tanaman Petani di Aceh Besar
Foto: Hendri/Rencongpost.com

Salah satu petani, Aisyah menuturkan, memang tanaman yang keluar bulir padi pertama merupakan sasaran utama burung pemakan beras ini.

“Saat ini, kami memang melakukan pengusiran secara manual, dengan berteriak atau menggunakan alat seadanya yakni kentongan atau alat yang lainnya.Bahkan ada yang memasang jaring untuk menjebak burung tersebut,” katanya Kamis

Hama burung tersebut sudah berlangsung setiap tahun menjelang panen, sampai saat ini belum ada solusi terbaik untuk mengatasi hal tersebut.

Menurutnya, hama burung pipit yang menyerang padi para petani di kawasan Indrapuri dan sejumlah kecamatan lainnya pada tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya, lantaran musim tanam dilakukan tidak serentak, sehingga imbas dari itu membuat para petani harus terus mengawasi tanaman padi jika tidak ingin gagal panen.

“Ini karena imbas dari musim panen yang tak serentak, sehingga burung ini sekali turun ribuan ekor,” sebutnya.

Pantauan, patani kawasan sana telah memasang umbul-umbul dari kertas plastik diikat sekeliling sawah, selain itu juga orang-orangan sawah yang dipasang baju. Ada juga yang menggunakan seng, kaleng dan benda-benda lainya yang bisa menimbulkan suara gaduh.

Sumber : https://rencongpost.com/hama-burung-pipit-serang-tanaman-petani-di-aceh-besar/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *